Kamis, 15 Oktober 2015

MACAM – MACAM TES dan NON TES SEBAGAI ALAT EVALUASI HASIL BELAJAR


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat, taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah berjudul “Macam-Macam Tes dan Non Tes Sebagai Alat Evaluasi Hasil Belajar”.  Kami menyusun makalah ini untuk membuka Pengetahuan  Mahasiswa yang nantinya sebagai Tenaga Pendidik dalam Mengevaluasi Hasil Belajar tehadap peserta didik. Kami berterima kasih kepada dosen mata kuliah Instrumen Pendidikan  yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam tugas ini terdapat kekurangan-kekurangan dan jauh dari apa yang diharapkan.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekirannya makalah yang telah disususn ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. 

Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                                                            
DAFTAR ISI                                                                                                                                          
BAB I PENDAHULUAN                                                                                                                       
1.      Latar Belakang Masalah                                                                                                                          
2.      Rumusan Masalah                                                                                                                                   
3.      Tujuan Penulisan Makalah                                                                                                                      
BAB II PEMBAHASAN                                                                                                                        
A.    Alat Evaluasi                                                                                                                                           
B.     Macam – Macam Tes                                                                                                                              
C.     Macam – Macam Non Tes                                                                                                                    
BAB III PENUTUP                                                                                                                              
Kesimpulan                                                                                                     
Saran                                                                                                               
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah
       Seiring dengan perkembangan  jaman, pendidikan dituntut untuk dapat mencetak insan yang bermartabat dan berkualitas, agar dapat meningaktkan taraf hidup bangsa. Berbagai perubahan telah dilakukan dalam dunia pendidikan untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan tuntutan jaman. Untuk mengetahui apakah pendidikan yang telah dilaksana sudah dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, maka perlu diadakanya suatu evaluasi dalam pendidikan. Untuk melakukan evaluasi maka evaluator harus menguasai teknik evaluasi. Teknik evaluasi adalah metode yang digunakan agar suatu tujuan evaluasi, yaitu menggali informasi tentang peserta didik dapat tercapai. Ada dua macam teknik evaluasi yang dapat digunakan dalam melaksanakan evaluasi, yaitu teknik tes dan teknik tes non tes.
2.      Rumusan Masalah
       Perumusan masalah yang penulis ambil dalam pembuatan makalah ini yaitu berdasarkan permasalahan yang kompleks dikalangan mahasiswa sebagai calon pendidik yang sedang membahas permasalahan tersebut. Untuk dapat memperjelas mengenai permasalahan yang dihadapi di atas penulis merumuskan masalah dalam makalah ini diantaranya sebagai berikut :
A.    Alat Evaluasi
B.     Macam – Macam Tes
C.     Macam – Macam Non Tes
3.      Tujuan Penulisan Masalah
Beberapa tujuan yang melatar belakangi penulis menyusun makalah tesebut diantaranya:
a.       Mengetahi pengertian evaluasi tes dan non tes.
b.      Sebagai bahan pembelajaran dan pengkajian bagi mahasiswa dan penulis dalam mengetahui Macam-macam tes dan non tes dalam mengetahui evaluasi proses hasil belajar.

BAB II
PEMBAHASAN
A.     ALAT EVALUASI
        Dalam pengertian umum, alat adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk mempermudah seseorang untuk melaksanakan tugas atau mencapai tujuan secara lebih efektif dan efisien. Kata “alat” biasa disebut juga dengan istilah “Instrumen”. Dengan demikian maka alat evaluasi juga dikenal dengan instrumen evaluasi.[1] 

       Dalam kegiatan evaluasi, fungsi alat juga untuk memperoleh hasil yang lebih baik sesuai dengan kenyataan yang dievaluasi. Dalam menggunakan alat tersebut evaluator menggunakan cara atau teknik, dan oleh karena itu dikenal dengan teknik evaluasi. Seperti disebutkan diatas, ada dua teknik evaluasi, yaitu Teknik Tes dan Teknik Non Tes.
B.     MACAM – MACAM TES
1.      Pengertian Tes
       Secara harfiah, kata “tes” berasal dari bahasa Perancis Kuno: testum dengan arti: “piring untuk menyisihkan logam-logam mulia” (maksudnya dengan menggunakan alat berupa piring itu akan dapat diperoleh jenis-jenis logam mulia yang nilainya sangat tinggi) dalam bahasa inggris ditulis dengan test yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan dengan “tes”, “ujian” atau “percobaan”. Dalam bahasa Arab: Imtihan (= إمتحان).[2]
Jadi yang dimaksud dengan tes adalah cara (yang dapat dipergunakan) atau prosedur (yang perlu ditempuh) dalam rangka pengukuran dan penilaian dibidang pendidikan, yang berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas (baik berupa pertanyaan-pertanyaan (yang harus dijawab), atau perintah-perintah (yang harus dikerjakan).
Sebelum sampai kepada uraian yang lebih jauh, maka akan diterangkan dahulu arti dari beberapa istilah-istilah yang berhubungan dengan tes ini :
-          Testing
Merupakan saat pada waktu tes itu dilaksanakan. Dapat juga dikatakan testing adalah saat pengambilan tes.
-          Testee
(Dalam istilah Indonesia : tercoba), adalah responden yang sedang mengerjakan tes. Orang-orang inilah yang akan dinilai atau diukur baik mengenai kemampuan, minat, bakat, pencapaian, dan sebagainya.
-          Tester
(Dalam istilah indonesia : Pencoba), adalah orang yang diserahi untuk melaksanakan pengambilan tes terhadap para responden.[3]
2.      Ciri – Ciri Tes yang Baik
Sebuah tes yang dapat dikatakan baik sebagai alat pengukur harus memenuhi persyaratan tes, yaitu memiliki:
·         Validitas
Sebelum mulai dengan penjelasan perlu kiranya dipahami terlebih dahulu perbedaan arti istilah “validitas” dengan “valid”. “Validitas merupakan sebuah kata benda, sedangkan “Valid” merupakan kata sifat. Dari pengalaman sehari-hari tidak sedikit siswa atau guru mengatakan : “Tes ini baik karena sudah validitas” jelas kalimat tersebut tidak tepat. Yang benar adalah: “Tes ini sudah baik karena sudah valid”.
Sebuah Tes disebut valid apabila tes itu dapat tepat mengukur apa yang hendak diukur. Walaupun istilah “tepat” belum dapat mencangkup semua arti yang tersirat dalam kata “valid”, dan kata “tepat” kadang-kadang digunakan dalam konteks yang lain, akan tetapi tambahan kata “tepat” dalam menerangkan kata “valid” dapat memperjelas apa yang dimaksud.
·         Reliabilitas
Kata Reliabilitas dalam bahasa Indonesia diambil dari kata reliability dalam bahasa Inggris, berasal dari kata reliable yang artinya dapat dipercaya. “Reliabilitas” merupakan kata benda, sedangkan “reliabel” merupakan kata sifat atau keadaan.
Seorang dikatakan dapat dipercaya jika orang tersebut selalu bicara ajeg, tidak berubah-ubah pembicaraannya dari waktu ke waktu. Demikian pula halnya sebuah Tes. Tes tersebut dikatakan dapat dipercaya jika memberikan hasil yang tetap apabila diteskan berkali-kali. Sebuah Tes dikatakan reliabel apabila hasil-hasil tes tersebut menunjukkan ketetapan. Dengan kata lain, jika kepada para siswa diberikan tes yang sama pada waktu yang berlainan, maka setiap siswa akan tetap berada dalam urutan (rangking) yang sama dalam kelompoknya.
·     Objektivitas
Sebuah Tes dikatakan memiliki objektivitas apabila dalam melaksanakan tes itu tidak ada faktor subjektif yang mempengaruhi. Hal ini terutama terjadi pada sistem skoringnya.
·      Praktikabilitas
Sebuah tes dikatakan memiliki praktikabilitas yang tinggi apabila tes tersebut bersifat praktis, mudah pengadministrasiannya, mudah dilaksanakan, mudah pemeriksaannya.[4]
·      Ekonomis
Yang dimaksud dengan ekonomis disini ialah bahwa pelaksanaan tes tersebut tidak membutuhkan ongkos/biaya yang mahal, tenaga yang banyak, dan waktu yang lama.[5]
3.    Penggolongan Tes
Sebagai alat pengukur, tes dapat dibedakan menjadi beberapa jenis atau golongan, tergantung dari segi mana atau dengan alasan apa penggolongan tes itu dilakukan.
a.    Penggolongan Tes Berdasarkan Fungsinya Sebagai Alat Perkembangan/Kemajuan Belajar Peserta Didik.
1)    Tes Seleksi (al-Imtihan al-Intikhabiy = الإمتحان الإنتخابى )
Tes seleksi sering dikenal dengan istilah “Ujian Saringan” atau “Ujian Masuk”. Tes ini dilaksanakan dalam rangka penerimaan calon siswa baru, dimana hasil tes digunakan untuk memilih calon peserta didik sekian banyak calon yang mengikuti tes.[6]
2)     Tes Awal (al-Imtihan al-Mabda’iy =                        )
Tes awal sering dikenal dengan istilah Pre-Test. Tes jenis ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh manakah materi atau bahan pelajaran yang akan diajarkan telah dapat dikuasai oleh para peserta didik. Jadi tes awal adalah tes yang dilaksanakan sebelum bahan pelajaran diberikan kepada peserta didik. Karena itu maka butir-butir soalnya dibuat yang mudah-mudah.[7]
3)     Tes Akhir (al-Imtihan al-Niha’iy = الإمتحان النهائ )
Tes akhir sering dikenal dengan istilah Post-Test. Tes akhir dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah semua materi pelajaran yang tergolong penting sudah dapat dikuasai dengan sebaik-baiknya oleh para peserta didik.
4)     Tes Diagnostik (al-Imtihan al-Fahshiy = الإمتحان الفحصى)
Tes Diagnostik (diagnostik test) adalah tes yang dilaksanakan untuk menentukan secara tepat, jenis kesukaran yang dihadapi oleh para peserta didik dalam suatu mata pelajaran tertentu. Dengan diketahuinya jenis-jenis kesukaran yang dihadapi oleh peserta didik itu maka lebih lanjut akan dapat dicarikan upaya berupa pengobatan (theraphy) yang tepat.[8]
5)     Tes Formatif (al-Imtihan al-Yaumiy =  ( الإمتحان اليومى       
Tes Formatif (formative test) adalah tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui, sudah sejauh manakah peserta didik “telah terbentuk” (sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditentukan) setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Perlu diketahui bahwa istilah “formatif” itu berasal dari kata “form” yang berarti “bentuk”.[9]
6)     Tes Sumatif (Imtihan  al-Nisf al-Sanawiy = الإمتحان النصف السنوى )
Tes sumatif (summaive test) adalah tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah sekumpulan satuan program pengajaran selesai diberikan Di Sekolah, tes ini dikenal dengan istilah “Ulangan Umum” atau “EBTA” (Evaluasi Belajar Tahap Akhir), dimana hasilnya digunakan untuk mengisi nilai rapor atau mengisi ijazah (STTB).
b.     Penggolongan Tes Berdasarkan Aspek Psikis yang ingin Diungkap
1)     Tes Intelegensi (intellegency test), yakni tes yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkap atau mengetahui tingkat kecerdasan seseorang.
2)     Tes Kemampuan (aptitude test), yaitu tes yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkap kemampuan dasar atau bakat khusus yang dimiliki oleh testee.
3)     Tes Sikap (attitude test), yakni salah satu jenis tes yang dipergunakan untuk mengungkap predisposisi atau kecendrungan seseorang untuk melakukan suatu respon tertentu terhadap dunia sekitarnya, baik berupa individu-individu maupun obyek-obyek tertentu.
4)     Tes Kepribadian (personality test), yakni tes yang dilaksanakan dengan tujuan mengungkap ciri-ciri khas dari seseorang yang banyak sedikitnya bersifat lahiriyah, seperti gaya bicara, cara berpakaian, nada suara, hobi atau kesenangan dan lain-lain.
5)      Tes Hasil Belajar, yang juga sering dikenal dengan istilah tes pencapaian (achievement test), yakni ted yang biasa digunakan untuk mengungkap tingkat pencapaian atau prestasi belajar.
c.      Penggolongan Lain-Lain
Ditilik dari segi banyaknya orang yang mengikuti tes, tes dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu :
1)      Tes individual (individual test), yakni tes dimana tester hanya berhadapan dengan satu orang testee saja, dan;
2)      Tes Kelompok (group test), yakni tes dimana tester berhadapan dengan lebih dari satu orang testee.
Ditilik dari segi waktu yang disediakan bagi testee untuk menyelesaikan tes, tes dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu :
1)       Power Test, yakni tes dimana waktu yang disediakan buat testee untuk menyelesaikan tes tersebut tidak dibatasi, dan;
2)      Speed Test, yaitu tes dimana waktu yang disediakan buat testee untuk menyelesaikan tes tersebut dibatasi.
Ditilik dari segi bentuk responnya, tes dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu :
1)      Verbal Test, yakni suatu tes yang menghendaki respon (jawaban) yang tertuang dalam bentuk ungkapan kata-kata atau kalimat, baik secara lisan maupun secara tertulis, dan;
2)      Nonverbal Test, yakni tes yang menghendaki respon (jawaban) dari testee bukan berupa ungkapan kata-kata atau kalimat, melainkan berupa tindakan atau tingkah laku; jadi respon yang dikehendaki muncul dari testee adalah berupa perbuatan atau gerakan-gerakan tertentu.
Akhirnya, apabila ditinjau dari segi cara mengajukan pertanyaan dan cara memberikan jawabannya, tes dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu :
1)      Tes Tertulis (pencil and paper test), yakni jenis tes dimana tester dalam mengajukan butir-butir pertanyaan atau soalnya dilakukan secara tertulis dan testee memberikan jawabannya juga secara tertulis.[10]
Tes tulis secara umum dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu:
a.       Tes Obyektif (Tes Terstuktur), yaitu tes tulis yang itemnya dapat dijawab dengan memilih jawaban yang sudah tersedia; sehingga peserta didik menampilkan keseragaman data, baik bagi yang menjawab benar maupun mereka yang menjawab salah.[11] Contoh : Tes Benar-Salah (True-False), Tes Pilihan Ganda (Multiple Choice Test), Soal Menjodohkan (Matching Test) dan Tes Isian (Completion Test).[12]
b.      Tes Subyektif (Tes Uraian), Tes Subyektif sering disebut dengan tes uraian, tes ini peserta didik memiliki kebebasan memilih dan menentukan jawaban. Kebebasan ini berakibat data jawaban bervariasi; sehingga tingkat kebenaran dan tingkat kesalahan juga menjadi bervariasi, hal inilah yang mengundang subyektivitas penilai ikut berperan menentukan.[13]
2)      Tes Lisan (nonpencil and paper test), yakni tes dimana tester didalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau soalnya dilakukan secara lisan, dan testee memberikan jawabannya secara lisan pula.
C.     MACAM – MACAM NON TES
Dalam mengevaluasi Hasil Belajar Peserta didik Tes bukanlah satu-satunya teknik untuk melakukan evaluasi hasil belajar, sebab masih ada teknik lainnya yang dapat dipergunakan, yaitu teknik Non Tes.
Dengan teknik Non Tes maka penilaian atau evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan dengan tanpa “menguji” peserta didik, melainkan dilakukan dengan melakukan Pengamatan secara sistematis (observation), melakukan wawancara (interview), menyebarkan angket (questionnaire).
1.      Pengamatan (Observation/ al- Ta-amul = التأمل  )
Secara umum, pengertian observasi adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan (=data) yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena  yang sedang dijadikan sasaran pengamatan.
2.      Wawancar (Interview/ al-Hiwar = الحوار  )
Secara umum yang dimaksud wawancara adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan yang dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab lisan secara sepihak, berhadapan muka, dan dengan arah serta tujuan yang telah ditentukan. Wawancara juga dapat dilengkapi dengan alat bantu berupa tape recorder (alat perekam suara), sehingga jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat dicatat dengan secara lebih lengkap.
3.      Angket (Questionnaire/ Istifta = إستفتاء )
Kuesioner sering digunakan untuk menilai hasil belajar ranah afektif. Ia dapat berupa kuesioner bentuk pilihan ganda (multiple choice item) dan dapat pula berbentuk skala sikap.[14]

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
      Setiap kegiatan belajar harus diketahui sejauh mana proses belajar tersebut telah memberikan nilai tambah bagi kemampuan siswa. Salah satu cara untuk melihat peningkatan kemampuan tersebut adalah dengan melakukan tes. Tes sebagai  alat penilaian adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan kepada siswa untuk mendapat jawaban dari siswa dalam bentuk lisan (tes lisan), dalam bentuk tulisan (tes tulisan), atau dalam bentuk perbuatan (tes tindakan).

       Ada beberapa prinsip dasar yang perlu dicermati di dalam menyusun tes hasil belajar agar tes tersebut dapat mengukur tujuan instruksional khusus untuk mata pelajaran yang telah diajarkan, atau mengukur kemampuan dan keterampilan peserta didik yang diharapkan, setelah mereka menyelesaikan suatu unit pengajaran tertentu. Pertama, tes hasil belajar harus dapat mengukur secara jelas hasil belajar yang telah ditetapkan sesuai tujuan intruksional.  Kedua, bentuk soal yang dikeluarkan dalam tes hasil belajar harus dibuat bervariasi. Keempat, tes hasil belajar harus didasain sesuai dengan kegunaannya untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Keempat, tes hasil belajar harus memiliki reliabilitas yang dapat diandalkan. Kelima, tes hasil balajar disamping harus dapat dijadikan alat pengukur keberhasilan belajar siswa, juga harus dapat dijadikan alat untuk mencari informasi yang berguna untuk memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru itu sendiri.

Saran

       Diharapkan para pendidik dan calon pendidik memahami bahwa evaluasi non tes juga sangat penting disamping evaluasi tes. Karena dapat dinilai sikap, afektif dan  psikomotorik dari mahasiswa sehingga dapat dijadikan panduan untuk meningkatkan kualitas kependidikan dalam penyusunan dan pengembangan tes, serta tes disusun secara singkat dan jelas sehingga peserta didik dapat memahami soal tersebut.





DAFTAR PUSTAKA

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafinndo Persada.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Thoha, Chabib, M. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

[1] Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta : PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga : Oktober 2002) h 26.

[2] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 66.


[3] Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta : PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga : Oktober 2002) h 53.

[4] Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta : PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga : Oktober 2002) h 62.

[5] Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta : PT Bumi Aksara, Cetakan Ketiga : Oktober 2002) h 63.

[6] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 68.

[7] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 69.

[8] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 70.

[9] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 71.

[10] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 75.

[11] M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan ( Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, Cetakan Ketiga : Juli 1996) h 55.

[12] Ir. Sudaryono, M. Pd., Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran ( Yogyakarta: Graha Ilmu, Cetakan Pertama 2012 ) h 118.

[13] M. Chabib Thoha, Teknik Evaluasi Pendidikan ( Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, Cetakan Ketiga : Juli 1996) h 55.

[14] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan ( Jakarta: PT Raja Grafinndo Persada, Cetakan Kedua : November 1998 ) h 85.

1 komentar: